Pengaruh Harga dan Cita Rasa Mie Gacoan terhadap Minat Beli Ulang: Peran Kepuasan Konsumen sebagai Mediator
The Effect of Price and Taste of Gacoan Noodles on Repurchase Interest: The Role of Consumer Satisfaction as a Mediator
DOI:
https://doi.org/10.33370/pk9yv488Keywords:
Harga, Cita Rasa, Kepuasan, Minat Beli UlangAbstract
Penelitian ini menganalisis dampak harga dan rasa terhadap minat beli kembali Mie Gacoan Bekasi Timur, dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Sampel terdiri dari 100 konsumen yang diambil menggunakan purposive sampling, dengan data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner. Analisis dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan Smart PLS Software v.4.1.0.9. Hasil menunjukkan bahwa harga dan rasa tidak mempengaruhi minat beli kembali, tetapi kepuasan konsumen berpengaruh positif. Rasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, namun kepuasan tidak memediasi pengaruh harga terhadap minat beli kembali, meskipun dapat memediasi pengaruh rasa.
This study analyzes the impact of price and taste on the interest in buying back Mie Gacoan East Bekasi, with consumer satisfaction as the mediating variable. The sample consisted of 100 consumers taken using purposive sampling, with data collected through observation and questionnaires. The analysis was carried out using the Partial Least Square (PLS) method using Smart PLS Software v.4.1.0.9. The results showed that price and taste did not affect repurchase interest, but consumer satisfaction had a positive effect. Taste has a significant effect on satisfaction, but satisfaction does not mediate the effect of price on repurchase interest, although it can mediate the influence of taste.
Downloads
References
Aditama, Y. S. C. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Minat Beli Ulang Mixue Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi & Akuntansi (Mea), 8(1), 571–584. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3676
Afifah, I. (2023). Does Green Purchase Intention Mediate the Effect of Ethical Self Identity on Green Purchase? Se. Asian Bus. Rev., 1(2), 99–116. https://doi.org/10.20473/sabr.v1i2.51974
Agustinus, S., & Artina, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Oppo di Palembang. MDP-Sc, 2(2), 371–375. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4273
Ali, M. M. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Konsumen Warung Makan Gudeg Pak Bima Purwokerto). Retrieved from repository.uinsaizu.ac.id: https://repository.uinsaizu.ac.id/10216/1/Skripsi_MuhammadMuftiAli_1522201060.pdf
Amstrong, G., & Kotler, P. (2021). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Andra, A. A., & Soesanto, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kepuasan terhadap Minat Beli Ulang dengan Citra Toko sebagai Variabel Intervening. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 2582. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3099
Anggraeni, N. F. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Mie Ayam 28 di Desa Kedung Solo. Innovative Technologica Methodical Research Journal, 1(3), 15. https://doi.org/10.47134/innovative.v1i3.62
Ardini, R. L. (2023). Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen Nanostore. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(2), 133–142. https://doi.org/10.35313/jrbi.v9i2.3212
Christanto, I. (2022). Faktor Anteseden Pembentuk Kepuasan Konsumen Kuliner Makanan Tawangmangu. Juwira, 2(2), 77–85. https://doi.org/10.61696/juwira.v2i2.128
Chicco, D., Warrens, M. J., & Jurman, G. (2021). The Coefficient of Determination R-Squared Is More Informative Than SMAPE, MAE, MAPE, MSE and RMSE in Regression Analysis Evaluation. Peerj Computer Science, 7, e623. https://doi.org/10.7717/peerj-cs.623
Chin, W. G. (1998). The Partial Least Square Approach to Structural Equation Modeling. Lawrence Erlbaum Associates: University of Huston.
Fernandes, A. C. P., Ferreira, A. R., Fernandes, L., Cortes, R., & Pacheco, F. A. L. (2019). PLS-Pm for Ecological Integrity Mapping: Case Study of the Ave River Basin, Portugal. https://doi.org/10.2495/ws190131
Gacoan, M. (2023). miegacoan.co.id. Retrieved from Mie Gacoan: https://miegacoan.co.id/
Garoda, I. S. S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Restoran McDonald’s Cijantung. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 2833. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3109
Garut, A. G., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Kacang Dua Kelinci di Kota Surabaya. SEIKO: Jurnal of Management & Business, 6(1), 657-663.
Gerion, E. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Kabupaten Landak. Conference, 411–426. https://doi.org/10.31603/conference.12021.
Gregorius, K., & Cokki, C. (2023a). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Dear Butter. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(4), 880–892. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i4.25390
Handayani, Sutri. (2020). Penerapan Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Full Costing dalam Menentukan Harga Jual pada UD. Lyly Bakery Lamongan. Akuisisi Jurnal Akuntansi, 15(1), 42–47. https://doi.org/10.24127/akuisisi.v15i1.386
Hidayah, S. N. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 7(1), 79–98. https://doi.org/10.25139/jiabi.v7i1.5811
Hidayan, N. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Al-Idarah Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1), 53–73. https://doi.org/10.35316/idarah.2023.v4i1.53-73
Hidayati, A., Kountur, R., & Suwanda, S. N. (2020). The Effect of Perceived Value and Satisfaction on Repeat Purchase. Gatr Journal of Management and Marketing Review, 5(4), 197–205. https://doi.org/10.35609/jmmr.2020.5.4(1)
Ibadurrahman, & Hafid, A. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ringan di Kelurahan Sudian Raya Kota Makassar. JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 1-9.
Islamiyah, K., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Mi Instan Sarimi (Studi Pada Mahasiswa Yang Sedang Kuliah di Surabaya). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1567. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2579
Jannah, N. C. A. R., & Alhazami, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen CV. Sumber Garuda Mas. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(2), 029–045. https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i2.361
Kosli, J. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Atmosfer Restoran terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Kajian terhadap Sebuah Restoran X di Makassar). Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 10(2), 1317–1326. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49387
Kusdianto, K. (2023). The Influence of Physical Evidence and Taste on Customer Loyalty in Memoration Coffee in Pasar Baru Tangerang. Jceb, 5(2), 190. https://doi.org/10.31000/combis.v5i2.9587
Kusumaningrum, F. D., & Supradewi, R. (2019). Pengaruh Warna Cangkir terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Aung Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unssula (KIMU)2, 409-419.
Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374
Listiawati, J. F. (2021). Ketika Konsumen Muslim Berminat Membeli Ulang Makanan Faktor Apa yang Mempengaruhinya. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (Ejme), 9(4), 221. https://doi.org/10.26418/ejme.v9i4.52855
Maimunah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 1(2), 57-68.
Maharani, P. S. S. D., & Jatra, I. M. (2021). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Marketing Mix terhadap Niat Beli Ulang Dewata Kaos di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(7), 632. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i07.p01
Manurung, R. N., & Hadian, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Pembelian Ulang dalam Berbelanja Online Shopee. JBM: Jurnal Bisnis Mahasiswa, 106-118.
Meryawan, I. W., I Gusti Agung Prabandari Tri Putri, Kartika, I. M., & Anak Agung Istri Indah Lestari. (2022). Faktor Penentu Keputusan Pembelian Tas Anyaman Rotan pada Outlet Pasar Seni Sukawati Gianyar. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 8(1), 90–101. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v8i1.843
Mohammad, J., Quoquab, F., Idris, F., Jabari, M. A., & Wishah, R. (2019). The Mediating Role of Overall Fairness Perception: A Structural Equation Modelling Assessment. Employee Relations, 41(3), 614–636. https://doi.org/10.1108/er-10-2017-0243.
Mudfarikah, R., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen, 13(4), 654–661. https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10161
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode dan Analisis. Semarang: CV Agung.
Mulyono, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas dan Customer Loyalty terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit Medika Permata Hijau Jakarta. Relevance Journal of Management and Business, 2(2). https://doi.org/10.22515/relevance.v2i2.1861
Mustika, A., Krisnawati, M., & Sutrisno, E. (2021). Customer Experience and Repurchase Intention in Multi-Channel: Customer Satisfaction as Mediating Variable. Journal of Industrial Distribution & Business, 12(3), 7-19.
Nurjamad, M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Gacoan Bandung Studi Kasus Konsumen Mie Gacoan Cabang Paskal. Ijeb, 1(2), 68–80. https://doi.org/10.58818/ijeb.v1i2.32
Nurhasanah, S., Yohana, C., & Monoarfa, T. A. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Beli Ulang Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Jasa Layanan Logistik). Jurnal Bisnis Manajemen dan Keuangan, 3(3), 738–749. https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.10
Partawijaya, R., Saufi, A., Suryani, E., & Soesetio, R. R. D. A. (2024). Path Analysis Using Structural Equation Modelling (SEM) to Examine the Moderation of Product Knowledge in the Effects of and Perceived Risk, Environmental Consciousness, and Subjective Norm on Purchase Intention. Futurity Economics&Law, 4(1), 6–21. https://doi.org/10.57125/FEL.2024.03.25.01.
Praja, Y. (2022). Pengaruh Iklan, Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(1), 31–41. https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7568
Prasetyo, M. M. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Pembelian Ulang pada Konsumen Produk Scarlett Melalui Marketplace di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jbhi, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i2.107
Pujiati, H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Minat Beli Kopi Kenangan pada Mall Ambassador, Jakarta Selatan. Jurnal Madani Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Humaniora, 6(2), 88–100. https://doi.org/10.33753/madani.v6i2.270
Rahmandika, Yoan F., Puji, Listyowati, & Purwanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Ekobis Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.319
Sianturi, G. A. E., Muliani, L., & Sari, H. P. R. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Ragusa Es Krim Italia. Destinesia Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 3(1), 35–49. https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1803
Siaputra, H. (2020). Bagaimana Keamanan Pangan, Kualitas Makanan dan Citra Merek Mempengaruhi Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(2), 79–87. https://doi.org/10.9744/jmp.6.2.79-87
Situmorang, I. R. (2024). Dampak Harga dan Kualitas Rasa terhadap Loyalitas Masyarakat dalam Berbelanja di Tau Kua Heci Medan. Journal of Society Bridge, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.59012/jsb.v2i1.36
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Aphabet.
Sulistiyani, & Pratama, A. (2022). Daya Tarik Produk UMKM sebagai Tolak Ukur Kepuasan Konsumen. Buletin Poltanesa, 23(1), 27–34. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1050
Sundari, W. S. (2023). Pengaruh Diskon Harga, Gratis Ongkir, dan Kemudahan Pembayaran terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Shopefood di Yogyakarta. Jurnal Tambora, 7(3), 1–9. https://doi.org/10.36761/jt.v7i3.3376
Wardi, Y. (2022). The Influence of Live and Flash Sale Nn Repurchase Intention in the New Normal Era on Shopee Customers in Padang City. Journal Banking and Management Review, 11(1).
Waworuntu, A. Y., & Hasan, A. (2021). Improving Brand Image, Price and Promotion Through Consumer Purchase Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 245–254. https://doi.org/10.33096/jmb.v8i2.822
Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko dan Lokasi terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Pasar Tradisional Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123-132.
Wijaya, A. F., Chandra, E., Julyanthry, J., Candra, V., & Simarmata, S. M. (2021). Purchase Intention of Grooming Products: The Value-Attitude-Behaviour (VAB) Model. International Journal of Entrepreneurship and Sustainability Studies, 1(2), 10–18. https://doi.org/10.31098/ijeass.v1i2.713
Wijayanti, H. T., & Almaidah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang D’fresco Donut melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi Manajemen Ekonomi Pembangunan Akuntansi, 18(2), 225. https://doi.org/10.31315/be.v18i2.5639
Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood di Kota Sorong. Kalianda Halok Gagas, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.52655/khg.v1i1.3
Winarno, S. H. (2019). Pengaruh Penerapan Green Advertising dan Harga Premium terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 25–34. https://doi.org/10.31849/jieb.v16i1.2204
Yudhistira, W. (2021). Pengaruh Cita Rasa, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen di Reza Bakery Pandangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 5(3), 112-116.
Yuliana, Y., Junaidi, J., & Kamal, S. (2021). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan dalam Peningkatan Transaksi. Jim Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 53–70. https://doi.org/10.32505/jim.v2i2.2643
Zulviani, M., Akramiah, N., & Mufidah, E. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Minat Beli Produk Tas “Sophie Martin Paris.” Jurnal Ema, 4(1). https://doi.org/10.47335/ema.v4i1.33
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.